penas aceh

Memorandum of Understanding (MoU) kerjasama tersebut ditanda tangani oleh Kepala SMK-PP Saree, Muhammad Amin, SP, MP dan Direktur CV Rizqia Perdana, Muhktar Abes bertempat di Aula SMK-PP Saree. Penandatanganan MoU yang bertepatan dengan acara pelepasan dan penyerahan ijazah alumni SMK-PP Saree angkatan 2016 tersebut juga disaksikan oleh Kepala Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) Kemeterian Pertanian, Drs. Gunawan Yulianto, M.Si dan Kepala Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Malang, Dr. Ir. Siti Munifah, M Si, serta Kepala Balai Diklat Pertanian Aceh, drh. Ahdar, MP.

Kerjasama antara sekolah kejuruan dibawah Kementerian Pertanian dengan pengusaha/eksportir tersebut meliputi pengembangan dan penagkaran bibit talas jepang satoimo di lahan milik SMK-PP Saree serta penyebarluasan informasi tentang budidaya talas jepang di seluruh wilayah provinsi Aceh. Dalam MoU tersebut, pihak pengusaha menyediakan bibit dan sarana produksi lainnya seperti pupuk dan obat-obatan, sementara pihak SMK PP menyediakan lahan dan tenaga kerja untuk pengembangan talas jepang dengan pola bagi hasil. Produksi dari pengembangan budidaya talas jepang tersebut, baik berupa bibit maupun talas konsumsi, nantinya akan ditampung pemasarannya oleh CV. Rizqia Perdana sesuai dengan harga pasar.

Kepala SMK-PP Saree, Muhammad Amin, menyambut antusias kerjasama tersebut, karena selain akan memberikan keuntungan materiil bagi sekolahnya, pengembangan talas jepang ini juga bisa menjadi wahana pembelajaran bagi para siswa untuk berwira usaha di bidang pertanian, sehingga pada saat lulus dari sekolah ini, para alumni sudah memiliki pengetahuan dan skill dalam bidang wira usaha dan dapat menciptakan lapangan kerja sendiri.
“Bukan hanya soal keuntungan materiil dari kerjasama ini, lebih dari itu, kerjasama ini juga akan menjadi wahana belajar wira usaha bagi para siswa kami, kami berharap kerjasama ini akan terus berlanjut, karena sangat bermanfaat dan saiing menguntungkan bagi kedua belah pihak,” ungkap Muhammad Amin.

Sementara itu Mukhtar Abes menyatakan bahwa kerjasama ini merupakan bentuk kepedulian dari pihaknya serta tanggung jawab moral baginya untuk bisa melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat Aceh, banyak potensi sumberdaya pertanian yang bisa dikembangkan di daerah ini, namun belum tersentuh secara optimal. Melalui kerjasama ini, dia berharap nantinya akan lahir wira usahawan muda yang mampu mengoptimalkan potensi pertanian tersebut untuk kesejahteraan mereka.

“Sebagai pengusaha daerah yang sedang merintis pengembangan beberapa komoditi pertanian unggulan di Aceh, saya merasa terpanggil untuk melibatkan seluruh stake holders termasuk adik-adik siswa SMK-PP ini untuk bisa menggali dan mengembangkan potensi tersebut demi kesejahteraan masyarakat Aceh dan bagi mereka sendiri” ujar Mukhtar “ Selain akan memberi keuntungan materiil bagi para siswa dengan produk yang dihasilkan melalui kerjasama ini, nantinya para petani di seluruh Aceh, tidak akan kesulitan lagi memperoleh bibit talas jepang, karena sudah tersedia disini,” lanjut Mukhtar.

Kapusdik Kementerian Pertanian, Gunawan Yulianto yang turut menyaksikan penandatanganan MoU itu juga memberikan apresiasi kepada kedua belah pihak yang telah membuka peluang pembelajaran bisnis dan wira usaha bagi generasi pertanian yang sedang menimba ilmu di SMK-PP.

“Para siswa SMK-PP adalah generasi pertanian yang harus diberikan bekal yang memadai di bidang kewirausahaan pertanian, supaya mereka bisa menciptakan lapangan kerja sendiri begitu tamat dari sekolah ini, atas nama Menteri Pertanian, saya sangat mengapresiasi niat baik dari pengusaha muda kita ini yang mau berkolaborasi dengan lembaga pendidikan yang berada dibawah Kementerian Pertanian dalam mengembangkan komoditi pertanian yang memiliki prospek ekonomi sangat baik ini,” ungkap Gunawan.

Sementara Kepala STPP Malang, Siti Munifah, yang hadir dalam rangka menjaring alumni SMK-PP Saree untuk melanjutkan studi kepenyuluhan pertanian di sekolah tinggi yang dipimpinnya juga sangat menghargai upaya kedua belah pihak yang telah melakukan terobosan baru melalui kerjasama ini, bahkan pihaknya juga berharap, kerjasama serupa juga akan terjalin antara pengusaha dengan STPP Malang,

“Kami juga punya potensi lahan dan tenaga skill di bidang pertanian, kami berharap kerjasama serupa juga bisa terjalin dengan pihak kami di masa yang akan datang,” harap Siti yang langsung disanggupi oleh Mukhtar.


Sumber: Fathan | Media Online | Lintas Gayo

Kalender Pendidikan

Sen Sel Rab Kam Jum Sab Min
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31

Login Member

Web Sekolah Indonesia designed by divisidatalitbang.net