Berita

Berita Kegiatan Sekolah

(0 pemilihan)

SMK-PP Saree Ciptakan Aneka Produk Berbahan Lemon Pilihan

Sejak Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan kasus pertama Covid-19 di Indonesia pada 2 Maret 2020 lalu, berbagai sektor kehidupan tak terkecuali dunia pendidikan ikut menerima dampak negatif dari wabah tersebut. Seiring berjalannya waktu dan virus Corona makin mengancam keselamatan masyarakat, sejak 16 Maret 2020 hampir semua sekolah di Indonesia diliburkan sementara.

Pandemi Covid-19 membuat sistem pelaksanaa kegiatan belajar mengajar (KBM) pada semua jenjang pendidikan berubah dari tatap muka di kelas menjadi belajar secara online, dalam jaringan (daring), belajar dari rumah (BDR), dan bahkan terakhir muncul istilah pembelajaran jarak jauh (PJJ). Meski demikian, proses kegiatan belajar mengajar tidak boleh berhenti dan tak boleh menyurutkan semangat semua warga sekolah. Guru harus terus memberikan ilmu yang dimilikinya kepada peserta didik sekali pun secara daring.

Seperti halnya yang dilakukan oleh tenaga kependidikan di Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian (SMK-PP) Negeri Saree, Aceh Besar. Pandemi Covid-19 bukan halangan untuk ‘cikgu’ di sekolah yang berlokasi di Jalan Banda Aceh-Medan, itu untuk terus memotivasi dan memberi semangat kepada siswanya agar berinovasi dan menghasilkan suatu karya yang bermanfaat.

Kepala SMK-PP Negeri Saree, Muhammad Amin, SP, MP, mengungkapkan, salah satu prestasi membanggakan yang ditoreh guru dan siswa di sekolah yang dipimpinnya pada masa pandemi Covid-19 ini adalah, mereka mampu menciptakan berbagai jenis produk dari bahan baku lemon yang banyak ditanam di sekolah tersebut.

Produk-produk dari lemon hasil kreasi siswa dan guru tersebut, kata Amin, sudah layak jual karena dalam memproduksinya mereka bekerja sama dengan Seameo Beotrop yang berpusat di Bogor, Jawa Barat. Adapun produk yang dihasilkan bahan dasar lemon, sebut Amin, antara lain minyak atsiri, minyak wangi, lemon fresh, sirup lemon, dan eco farming yang digunakan untuk pupuk.

Amin menjelaskan, selain lemon dan kini diolah menjadi produk yang bermanfaat dan bernilai ekonomis, SMK-PP Negeri Saree juga membudidaya buah-buahan lain seperti jeruk dan sirsak. Hasil itu tidak hanya dijual dalam bentuk buah-buahan saja, tapi ada yang diolah hingga menjadi produk turunan seperti minyak atsiri.

“Alhamdulillah, produk inovasi yang kami olah di sini bisa mendapat kepercayaan dari masyarakat. Karena itu, saya juga mengajak semua pihak untuk belajar bersama kami, sehingga ke depan tercipta peluang kerja baru,” ungkap Amin.

Meski sudah mulai mendapat kepercayaan dari masyarakat, menurut Amin, namun pihaknya belum mengembangkan usaha tersebut dalam skala besar karena kapasitas masih kecil. “Insya Allah, ke depan akan kami kembangkan lebih luas lagi,” ujarnya.

Ia menambahkan, produks lemon dan turunannya dikoordinir oleh Ketua Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura, Candra Romaiyana STP, Ipah Mayasari SP, (guru), bersama Diana Suryandari SP (Tenaga Laboran), Iput Saputra (Instruktur Lapangan), dan Rahmayani (Teknisi Laboran).

Menurut Amin, SMK-PP Negeri Saree kini mengembangkan delapan kompetensi keahlian yaitu Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura, Agribisnis Tanaman Perkebunan, Perbenihan dan Pembibitan Tanaman, Agribisnis Ternak Ruminansia, Agribisnis Ternak Unggas, Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian, Mekanisasi Pertanian, serta Kesehatan dan Reproduksi Ternak.

Muhammad Amin menambahkan, SMK-PP Negeri Saree pada tahun 2021 ditetapkan sebagai SMK Pusat Keunggulan (PK) atau Center of Excellence (CEO) oleh Dirjen Vokasi Kemendikbudristek. “SMK-PP Negeri Saree juga sudah empat kali menerima penghargaan Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) Abdi Bhakti Tani dari Kementerian Pertanian RI masing-masing pada tahun 2013, 2017, 2019, dan tahun 2021,” rincinya. (*)

Baca 260 kali Terakhir diubah pada Selasa, 28 Desember 2021 15:24
Burni

Mudahkanlah, jangan dipersulit!

Selengkapnya di dalam kategori ini: « Pengumuman Kelulusan PPDB 2021

Cari

Pengunjung

1870946
Hari ini
Minggu Lalu
Bulan lalu
Semua
1053
1850599
51920
1870946

Your IP: 3.230.142.168
2022-05-27 15:18