Berita

Berita Pendidikan

(0 pemilihan)

Workshop Penguatan Ekosistem SMK Melalui Gerakan Sekolah Menyenangkan Pilihan

Tim Pelaksana Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Budaya Kerja (P5BK) SMK-PP Negeri Saree menyelenggarakan program Workshop Penguatan Eksosistem SMK melalui “Gerakan Sekolah Menyenangkan” (GSM) yang diikuti oleh para guru dan tenaga kependidikan di aula kampus 1 pada 16 Desember 2021.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung terciptanya ekosistem pendidikan yang positif guna menyiapkan lulusan SMK yang berkarakter, sesuai kebutuhan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI). Dan merupakan rangkaian kegiatan non fisik P5BK dari program SMK Pusat Keunggulan yang sedang dijalankan oleh SMK-PP Negeri Saree sejak Juli 2021. Sebelumnya sudah dilaksanakan berbagai kegiatan lain seperti gerakan anti perundungan, pengembangan platform teknologi, termasuk pengimbasan ke SMK Mitra, demikian disampaikan oleh Junaidi, MP dalam laporannya selaku ketua panitia P5BK. 20211216 090520

Sedangkan Kepala sekolah, Muhammad Amin, SP.,MP dalam sambutan dan paparan nya menyampaikan bahwa Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) merupakan gerakan perubahan dari akar rumput bersama guru dan masyarakat untuk mentransformasi sekolah menjadi tempat yang ideal bagi siswa. Harapannya sekolah mampu memberikan ruang bagi siswa untuk mengembangkan bakat, passion, penalaran, dan talenta terbaik mereka.

Gerakan ini mempromosikan dan membangun kesadaran guru-guru, kepala sekolah dan pemangku kebijakan pendidikan untuk membangun sekolah sebagai tempat yang menyenangkan untuk belajar ilmu pengetahuan dan bekal keterampilan hidup agar anak-anak bergairah menjadi pembelajar yang sukses dan mandiri sesuai dengan zaman nya, begitu kata Muhammad Amin.

Workshop ini di pandu dan difasilitasi oleh ibu Maria Ulfa, salah satu staf pengajar di Universitas Muhammadiyah Aceh. Beliau menyampaikan beberapa bahasan materi yang mendukung program Gerakan Sekolah Menyenangkan, diantara nya ; Gaya Belajar : cara yang digunakan setiap individu untuk menyerap informasi dengan mudah. Terdiri dari empat kombinasi tipe gaya belajar yaitu aktif dan reflektif, intuitif dan sensorik, visual dan verbal, dan sekuensial dan global.

20211216 113030Sedangkan bahasan selanjutnya tentang minat bakat dan pengembangan karakter ; minat bisa diartikan sebagai ketertarikan pada suatu hal,

sedangkan bakat adalah keahlian dan kemampuan untuk menghasilkan sesuatu. Bakat juga sering didefinisikan sebagai kapasitas belajar yang lebih unggul yang membuat anak-anak lebih cepat belajar sesuatu daripada anak lain.

Kemudian, pola pikir pendidikan menuju era 4.0. Ini menjadi penting dipahami oleh semua guru dan tenaga kependidikan untuk menuju perubahan ekosistem yang lebih baik. Perubahan ekosistem sekolah, baik lingkungan fisik maupun sosial merupakan aspek fundamental yang akan berdampak pada motivasi belajar dan perilaku siswa. Keterlibatan siswa, guru, orang tua, dan seluruh warga sekolah menjadi awal kolaborasi yang harmonis untuk memulai perubahan.

Baca 280 kali Terakhir diubah pada Selasa, 28 Desember 2021 15:45
Burni

Mudahkanlah, jangan dipersulit!

Cari

Pengunjung

1870886
Hari ini
Minggu Lalu
Bulan lalu
Semua
993
1850599
51920
1870886

Your IP: 3.230.142.168
2022-05-27 14:43