Berita

Berita Pendidikan

(0 pemilihan)

Guna Meningkatkan Kompetensi Dalam Manajemen Bengkel Berbasis 5R, SMK-PP Negeri Saree Laksanakan IHT Bagi Pegawai Pilihan

Untuk meningkatkan pemahaman dan kompetensi pegawai khusus nya pengelola bengkel, SMK-PP Negeri Saree melaksanakan In House Training (IHT) Manajemen Bengkel Berbasis 5R pada 18 - 20 April 2022 di Saree.

Dalam sambutannya, Muhammad Amin, Kepala SMK-PP Negeri Saree menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting dilaksanakan untuk memberi pemahaman dan peningkatan kompetensi pegawai dan guru yang mempunyai tanggung jawab mengelola bengkel, laboratorium, green house, instalasi praktik, ruang belajar, dapur umum, kantin, dan unit kerja lainnya dalam hal menata dan mengelola unit kerja nya sehingga memenuhi standar atau SOP yang berbasis 5R. 

Kami berharap seluruh pegawai untuk benar-benar mengikuti IHT 5R ini sehingga nanti nya dapat menata dan mengelola berbasis 5R. Kedepan kami selaku pimpinan akan membentuk Tim 5R Sekolah dan akan melakukan supervisi secara berkala ke unit-unit kerja yang ada di sekolah, kami akan menilai apakah setiap unit kerja telah menjalankan manajemen berbasis 5R.

Kegiatan IHT yang dilaksanakan selama 3 hari ini, para peserta akan diberikan materi tentang 5R, SMK 3 atau K3LH, Gemba Kaizen dan hal lainnya baik berupa teori/konsep maupun praktik langsung di unit kerja. Dimana tim PT. Kubota Indonesia Perwakilan Medan langsung hadir ke Saree sebagai Narasumber utama nya, disamping dibantu oleh tim 5R dari sekolah.

Oji Saputra dan Akmal Fauzi dari PT. Kubota Indonesia Perwakilan Medan menyampaikan materi secara bergantian. Mereka mengatakan bahwa setiap warga sekolah di jenjang SMK harus lah paham akan konsep dan praktik 5R ini, sehingga akan tercipta kondisi bengkel, laboratorium, unit produksi, instalasi praktik, unit kerja dan belajar lainnya yang nyaman, bersih, indah, rapi, mudah, dan fungsional. Semua ini akan mendukung motivasi peserta didik untuk belajar lebih baik lagi.

5 R atau 5 S merupakan suatu metode penataan dan pemeliharaan wilayah kerja secara intensif yang berasal dari jepang yang digunakan oleh manajemen dalam usaha memelihara ketertiban, efisiensi, dan disiplin di lokasi kerja sekaligus meningkatkan kinerja perusahaan/tempat kerja secara menyeluruh.

5 S atau di Indonesia dikenal dengan 5 R merupakan singkatan dari SEIRI/Ringkas, SEITON/Rapi, SEISO/Resik, SEIKETSU/Rawat, dan SHITSUKE/Rajin harus dilaksanakan secara bertahap sesuai urutannya. Jika tahap pertama/Seiri/Ringkas tidak dilakukan dengan baik, maka tahap berikutnya tidak dapat dijalankan secara maksimal, begitu seterusnya ambah Oji Saputra.

Pada IHT hari ke 2 dan 3, akan dilaksanakan praktik langsung di salah satu bengkel yang ada disekolah sehingga para peserta IHT bisa langsung mempraktikkan konsep yang telah didapat pada hari pertama. Ini perlu dilakukan sebagai langkah awal lahirnya bengkel dan unit-unit kerja di lingkungan SMK-PP Negeri Saree yang memenuhi standar 5R. Kedepan sekolah akan membuka bengkel resmi Kubota dimana akan menjadi lokasi pelatihan dan pelayanan bagi SMK Pertanian se Aceh dan masyarakat umum. Ini merupakan perwujudan dari Kerjasama antara SMK-PP Negeri Saree dan PT. Kubota Indonesia yang telah di sepakati pada Oktober 2021 lalu. Semoga apa yang telah direncanakan dapat terwujud sehingga dapat meningkatkan kompetensi peserta didik.

keg 5r 1

Saree, 18 April 2022

Wakasek Humas SMK-PPN Saree

Khatmi Ilyas

Baca 64 kali
Burni

Mudahkanlah, jangan dipersulit!

Cari

Pengunjung

1870877
Hari ini
Minggu Lalu
Bulan lalu
Semua
984
1850599
51920
1870877

Your IP: 3.230.142.168
2022-05-27 14:34