Berita

Berita Pendidikan

Burni

Burni

Mudahkanlah, jangan dipersulit!

Muslim, SHI.,MM selaku Anggota DPR RI komisi IV melakukan kunjungan Kerja ke Kampus SMK-PP Negeri Saree pada Rabu, 29 Juli 2020.

Kunjungan anggota DPR ini yang juga anggota dari Fraksi Demokrat selain dalam rangka Silaturrahmi dengan Pimpinan dan Dewan guru SMK-PP Negeri Saree juga sekaligus melihat secara langsung persiapan Pendirian Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Aceh

Secara umum persiapan Pendirian Polbangtan Aceh sudah dalam trek nya, baik dari segi dokumen legalitas juga infrastruktur pendukungnya. secara matematis dapat dikatakan sudah sekitar 80 %. Selaku anggota DPR RI, beliau menyatakan sangat mendukung dan mendorong pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian, supaya Polbangtan ini segera diberi izin dan resmikan, karena ini merupakan suatu hal penting, dimana dengan adanya lembaga Pendidikan Tinggi Pertanian di Aceh akan membuka peluang bagi masyarakat kita untuk melanjutkan pendidikan dan mengembangkan dunia pertanian Aceh. Kedepan pasti akan lahir banyak petani milenial yang pada akhirnya dapat meningkatkan dunia pertanian dan kesejahteraan rakyat Aceh.

Kunjungan Anggota Komisi IV DPR RI yang membidangi Pertanian, Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kelautan ini juga turut didampingi langsung oleh Pejabat Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian RI yang secara teknis membidangi pendirian Polbangtan. Jadi saya kira Kementerian Pertanian akan mendukung penuh percepatan pendirian Polbangtan Aceh ini.

Muslim juga mengapresiasi pihak SMK-PP Negeri Saree yang telah berbuat banyak dalam pengembangan pendidikan khususnya pendidikan pertanian bagi anak-anak Aceh. Beliau bangga dengan berbagai kegiatan pertanian yang telah dilakukan oleh pihak sekolah seperti optimalisasi lahan yang telah menghasilkan produk yang bagus seperti Jeruk Lemon, Serai Wangi, dan budidaya Telor Ayam Arab. Muslim juga salut akan prestasi Nasional yang telah didapat pihak sekolah pada tahun 2017 dan 2019 dari Kementerian Pertanian RI yaitu Abdibhakti Tani. Harap dipertahankan dan ditingkatkan

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Aceh Besar, Tgk. Husaini A.Wahab atau akrab disapa Waled Husaini. Atas nama pemerintah Kabupaten Aceh Besar, beliau sangat mendukung pengembangan dunia pertanian di Aceh khusus nya Aceh Besar. Pendirian Polbangtan ini adalah satu titik awal untuk pengembangan pertanian di Aceh. Semoga akan banyak lahir anak muda Aceh Besar dan Aceh secara keseluruhan sebagai Petani Milenial yang handal dan berkarakter. Sehingga mereka dapat membangun Aceh dalam bidang pertanian.

Muhammad Amin, SP.,MP selaku Kepala SMK-PP Negeri Saree dalam kesempatan ini menyampaikan secara umum perkembangan persiapan Pendirian Polbangtan Aceh ini, dimana secara Administrasi telah dilaksanakan dengan baik termasuk didalamnya hibah tanah atau lokasi Polbangtan ini juga telah dikeluarkan Sertifikat oleh BPN Aceh. Muhammad Amin yang juga sebagai salah seorang tim panitia Persiapan Pendirian Polbangtan Aceh, menjelaskan potensi SMK-PP Negeri Saree dan wilayah Saree dalam mendukung pengembangan Polbangtan dan Pertanian di Aceh. Pihak sekolah telah mengembangkan berbagai tanaman di lokasi Optimalisasi Lahan Sekolah seluas 50 Ha seperti ; Jeruk Lemon, Sirsak, Bawang Merah, Kedelai, Hydroponik, dan Serai Wangi. Kegiatan ini turut melibatkan para Alumni SMK-PP Negeri Saree dengan program Petani Milenial yang mana mereka telah dilatih selama 1 bulan di Thailand. Dengan harapan, program Revitalisasi SMK-PP Negeri Saree dalam bidang pertanian dapat berjalan dengan baik dan cepat.

Dalam kesempatan ini, Muslim juga melihat langsung kelapangan kondisi terkini persiapan Pendirian Polbangtan Aceh seperti Luas Lahan Utama, Gedung Induk Administrasi, Ruang Kelas Teori, Lahan dan Alat Praktek, dan Asrama calon Mahasiswa. Setelah melihat kesiapan ini apalagi dengan adanya dukungan dari Pemerintah Aceh, Pemerintah Aceh Besar dan SMK-PP Negeri Saree, beliau yakin bahwa awal 2021 Polbangtan Aceh akan keluar SK Pendiriannya dan dapat diresmikan secara langsung oleh pihak Kementerian Pertanian RI

 dpr 2

dpr 8

dpr 9

dpr 5

dpr 6

Saree, 29 Juli 2020

Wakasek Kerjasama dan Humas

SMK-PP Negeri Saree

Khatmi Ilyas, S.Pd

SMK-PP Negeri Saree menerima Penghargaan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Provinsi Aceh atas Partisipasi Aktif memberi bantuan kepada pegawai dan masyarakat dalam rangka mendukung percepatan penanganan Covid-19 di wilayah kerja SMK-PP Negeri Saree dan Aceh Besar pada 21 Juli 2020 di Opsroom Dinas Pendidikan Aceh.

Penghargaan ini diberikan oleh Wakil Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Aceh, Dr. Ir. Dyah Erti Idawati, M.T kepada Muhammad Amin, SP.,MP selaku Kepala SMK-PP Negeri Saree.

Dalam sambutannya, Dyah Erti Idawati atas nama Gugus Tugas Covid-19 Provinsi mengucapkan terima kasih kepada SMK-PP Negeri Saree yang telah terlibat langsung dan berperan aktif mendukung pemerintah Aceh dalam mempercepat penanganan penyebaran covid-19. Beliau sangat mengapresiasi langkah nyata yang dilakukan oleh SMK-PP Negeri Saree dengan membantu mengurangi beban hidup masyarakat sekitar Saree dan Aceh Besar dalam masa pandemi covid-19 ini dengan memberi bantuan berupa masker, disinfektan, hand sanitizer, pengolahan lahan pertanian gratis, bantuan bibit tanaman dan bantuan makanan (sembako). Hal seperti inilah yang diharapkan oleh masyarakat dari SMK.

Kemudian, Dyah Erti yang mana juga sebagai Wakil Ketua Dekranas Aceh menginnginkan adanya kerjasama dan kalaborasi antara SMK di Aceh dengan Dekranas Provinsi/Kabupaten/Kota yang ada di Aceh. Dimana pihak SMK dan Dekranas bisa secara bersama-sama membuat dan memproduksi berbagai produk lokal sesuai kompetensi keahlian yang dimiliki oleh SMK. Hal ini perlu dilakukan, disamping memajukan produk lokal, ini dapat menjadi lahan praktek langsung bagi siswa SMK bersangkutan.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Rachmat Fitri HD MPA mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Aceh yang telah memberi penghargaan khusus terhadap SMK yang telah terlibat dalam penanganan Cocid-19. Beliau juga mengucapkan terima kasih dan bangga kepada SMK yang telah melakukan kegiatan membari beri bantuan kepada masyarakat dalam masa pandemi ini. Program-program baik seperti ini mesti diteruskan kedepannya. Walaupun kita tahu bahwa SMK juga terdampak dengan musibah covid-19 ini.

Kepala SMK-PP Negeri Saree, Muhammad Amin, SP.,MP dalam kesempatan diskusi dengan ibu Dyah dan Pejabat Dinas Pendidikan Aceh menyatakan siap dan bersedia bekerjasama serta berkalaborasi dengan Dekranas Aceh dalam membuat dan membuat produk lokal dengan memanfaatkan sumberdaya lokal yang ada di Aceh khususnya Saree. Kawasan Saree khusus nya SMK-PP Negeri Saree memiliki sumber daya alam dan sumber daya manusia yang cukup untuk melakukan kalaborasi tersebut. SMK-PP Negeri Saree memiliki lahan yang luas yang bisa kita manfaatkan untuk budidaya bahan baku untuk kerajinan tangan seperti fokus Dekranas, seperti Bili, lidah buaya dan tanaman lainnya yang bisa kita jadikan bahan dasar tenun atau anyaman seperti yang telah dilakukan oleh Seameo Biotrop di Jawa Barat. Anyaman yang dihasilkan dapat dijadikan sebagai bahan packing berbagai produk pengolahan hasil pertanian yang diproduksi di SMK-PP Negeri Saree seperti Teh Rosella Kering, kunyit, hidroponik, sereh wangi, anyaman rotan, berbagai jenis kue serta roti, dan produk kreatif lainnya.

Penghargaan ini selain kepada SMK-PP Negeri Saree, juga diberikan secara simbolis kepada beberapa SMK Banda Aceh dan Aceh Besar ; SMKN 1, 2, 3, dan 5 Banda Aceh, SMKN 1 Almubarkeya, SMKN 1 Mesjid Raya serta SMK-SMTI Banda Aceh. Sedangkan untuk SMK Aceh lainnya akan diserahkan pada kesempatan lain sesuai jadwal yang telah ditentukan oleh Dinas Pendidikan Aceh

covid1 

 

Banda Aceh, 21 Juli 2020

Wakasek Kerjasama dan Humas

SMK-PP Negeri Saree

Khatmi Ilyas, S.Pd

Para pegawai SMK-PP Negeri Saree mengikuti Diseminasi Microsoft Office 365 dengan konsep Workshop atau Pelatihan secara Daring (online) menggunakan Microsoft Teams pada 5 - 9 Juli 2020.

Kegiatan ini diikuti oleh 42 orang guru dan staf SMK-PP Negeri Saree yang dibuka langsung oleh pihak Microsoft Indonesia pada 6 Juli 2020 secara Nasional. Kemudian dilanjutkan Sambutan dan arahan oleh Kepala SMK-PP Negeri Saree, Muhammad Amin, SP.,MP yang turut didampingi Komite Sekolah, Syafruddin Saleh. Sebagai pimpinan sekolah, beliau sangat mendukung dan mengapresiasi para guru dan staf yang ingin belajar dan meningkatkan kompetensi bidang teknologi media pembelajaran. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Microsoft Indonesia yang telah memberi kesempatan kepada pegawai SMK-PP Negeri Saree untuk ikut kegiatan TOT dan Diseminasi ini. Semoga kedepan diharapkan lebiha banyak pegawai yang bisa mengikuti kegiatan semacam ini.

Pelatihan yang diikuti oleh para guru dan staf SMK-PP Negeri Saree ini merupakan rangkaian kegiatan Training of Trainer (TOT) Guru Inovatif 2020 yang dilaksanakan oleh Microsoft Indonesia yang diikuti lebih k7000 orang guru se Indonesia. Khatmi, S.Pd, salah seorang guru di SMK-PP Negeri Saree adalah peserta TOT tersebut dan dinyatakan lulus tahap 1 sebagai calon Trainer Microsoft. Kemudian peserta yang dinyatakan lulus diwajibkan melaksanakan diseminasi dengan format workshop/pelatihan kepada para guru lainnya.

Selama 5 hari para guru dan staf yang mengikuti pelatihan ini diberikan materi yang dapat digunakan untuk media pembelajaran dan pekerjaan administrasi di sekolah, lebih-lebih dalam masa pandemi covid-19 ini, dimana Pembelajaran dan Administrasi sekolah dilakukan secara online. Sehingga kegiatan ini dirasakan sangat bermanfaat oleh para guru dan staf khusus nya untuk menyongsong proses pembelajaran semester ganjil 2020/2021 yang akan dimulai pada pertengahan Juli secara online/daring atau yang lebih dikenal dengan Belajar dari Rumah (BDR).

Secara lebih detail, para peserta Diseminasi diberi materi ; Pengenalan Office 365 sebagai Sebuah paket layanan produk-produk microsoft untuk memberikan efisiensi kerja serta meningkatkan produktifitas dalam pekerjaan perusahaan anda. Layanan ini berbasis komputasi awan atau yang dinamakan Cloud Computing, artinya kita tidak perlu menginstal layanan ini di komputer atau perangkat yang lain cukup dengan koneksi internet aktif saja. Kemudian peserta diajarkan tentang Pemanfaatan Microsoft Teams sebagai Media Pembelajaran karena microsoft teama merupakan sebuah platform komunikasi dan kolaborasi terpadu yang menggabungkan fitur percakapan kerja, rapat video, penyimpanan berkas (termasuk kolaborasi pada berkas), dan integrasi aplikasi. Aplikasi ini terintegrasi dengan langganan Office 365 dan juga dapat diintegrasikan dengan produk selain buatan Microsoft. Para guru dapat membuat kelas selayak sebuah kelas disekolah cuma dengan Teams, kelas tersebut berbasis virtual (online). Selanjut para guru dan staf diajarkan bagaimana memanfaatkan Microsoft Sway sebagai media pembuatan buku digital, Modul Pembelajaran, Bahan Ajar Interaktif, Laporan Kegiatan, hingga portofolia pegawai yang dipadukan dengan dengan materi Onedrive sebagai tempat untuk menyimpan semua hasil pekerjaan kita di awan (clound) sehingga data yang kita miliki akan aman dan mudah diakses saat dibutuhkan.

Pada pertemuan berikut nya para peserta disuguhkan bagaimana memanfaatkan Microsoft Forms untuk pembuatan Formulir dan Ujian. Microsoft Forms memungkinkan anda membuat kuis, survei, kuesioner, pendaftaran, dan lainnya dengan cepat dan mudah. Saat membuat kuis atau formulir, anda dapat mengundang orang lain untuk memberikan tanggapan menggunakan browser web apa pun, bahkan di perangkat seluler. Saat hasil dikirimkan, anda dapat menggunakan analitik bawaan untuk mengevaluasi tanggapan. Data formulir, seperti hasil kuis, dapat diekspor ke Excel dengan mudah untuk penilaian dan analisis tambahan.

Sedang materi terakhir yang diberikan oleh Khatmi Ilyas selaku Trainer dalam Diseminasi ini adalah Onenote Class Notebook. OneNote ClassNoteBook adalah buku catatan digital yang memungkinkan seorang guru untuk lebih mengenal karakter siswa secara individu. Para guru dapat memberi catatan, tugas, penilaian dan feedback kepada para siswa nya melalui Class Notebook ini.

Selain diberikan materi, para peserta diseminasi ini juga diberikan kewajiban untuk membuat penugasan untuk setiap materi yang telah diberikan dan menyelesaikan Kursus Digital pada Microsoft Education Center. Semua penugasan ini wajib diselesaikan oleh peserta diseminasi hingga tanggal 15 Juli 2020, dimana hasil kerja penugasan tersebut akan dinilai oleh pihak Microsoft Indonesia dan yang dinyatakan Lulus ada diberikan Sertifikat Pelatihan pada akhir Juli 2020.

Semoga seluruh peserta Diseminasi dapat lulus dan memanfaatkan ilmu yang telah didapat untuk mendukung proses belajar mengajar nantinya, sehingga akan memberi dampak positif terhadap kemampuan siswa menerima materi pembelajaran.



 office4office6office7office8

 

Saree, 9 Juli 2020

Wakasek Kerjasama dan Humas

SMK-PP Negeri Saree

Khatmi Ilyas

Selasa, 16 Jun 2020 09:12

Pengumuman Kelulusan PPDB Tahun 2020

PENGUMUMAN KELULUSAN PPDB 2020

DOWNLOAD DISINI <------------------> FORMAT UKURAN SERAGAM

     

Halaman 1 dari 13

Cari

Pengunjung

1075765
Hari ini
Minggu Lalu
Bulan lalu
Semua
338
1068892
13896
1075765

Your IP: 35.172.233.215
2020-08-15 04:06