Burni

Burni

Mudahkanlah, jangan dipersulit!

SMK-PP Negeri Saree melaksanakan kegiatan Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter, Kepramukaan, KKP, dan Anti Radikalisme bagi siswa SMK di Saree, (9/11/18). Kegiatan ini merupakan program dari Direktorat Pembinaan SMK Kemdikbud bagi SMK Revitalisasi yang memiliki karakter pembinaan khusus bagi peserta didiknya. Untuk provinsi Aceh dipilihlah SMK-PP Negeri Saree sebagai pelaksana kegiatan ini dengan melibatkan 300 orang anggota pramuka dari SMK-PP Negeri Saree, SMA Negeri 1 Seulimum, SMA Negeri 1 Lembah Seulawah, dan SMP Negeri 1 Lembah Seulawah.

Kegiatan yang mengambil tema "Pemimpin Masa Depan ; Berkarakter dan Penggerak Perubahan" ini bertujuan supaya siswa memiliki pandangan dasar kepemimpinan; Menguatkan mentalitas, Melengkapi pengetahuan dan kecakapan/skill pemimpin, pemahaman tentang Anti Gerakan Radikalisme, Membangun dan membekali Generasi Emas Indonesia 2045 menghadapi dinamika perubahan di masa depan dengan keterampilan abad 21, Meletakkan pendidikan kepramukaan sebagai proses pengembangan nilai sikap dan keterampilan dalam kehidupan bermasyarakat, Memperkuat kapasitas siswa untuk menanamkan nilai-nilai kepramukaan yang mendukung implementasi pendidikan karakter dengan memanfaatkan perkembangan Teknologi di Era Digital, Mengembalikan pendidikan karakter sebagai ruh dan fondasi pendidikan melalui harmonisasi olah hati (etik dan spiritual), olah rasa (estetik), olah pikir (literasi dan numerasi), dan olah raga (kinestetik), Melibatkan masyarakat (publik) sebagai sumber belajar di dalam dan di luar sekolah, dan Melestarikan budaya dan jati diri bangsa Indonesia.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh yang diwakili oleh Kasie Kurikulum dan Penilaian SMK, Dr. Asbarudin, S.TP, MM, M.Eng, dalam sambutan pembukaan mengatakan bahwa kegiatan ini sangat baik dan bermanfaat dilaksanakan bagi siswa dalam rangka membentuk karakter yang kuat, islami, dan pancasilais sebagai persiapan menjadi calon pemimpin masa depan. Beliau berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan setiap tahun dengan melibatkan lebih banyak siswa lagi.

Kepala SMK-PP Negeri Saree, Muhammad Amin, SP.,MP dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari berbagai program yang direncanakan sekolah dalam rangka menyukseskan program revitalisasi SMK. Kegiatan ini sepenuhnya didukung oleh Dit-PSMK Kemdikbud dan Dinas Pendidikan Aceh. Disamping itu kegiatan yang akan dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 9 - 11 November 2018 dalam pemberian materi akan diisi oleh perwakilan dari Kodam Iskandar Muda, Polda Aceh, BNN Propinsi Aceh, Kwarda Pramuka Aceh, Dinas Pendidikan Aceh, dan Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh.

Dalam kesempatan ini, kepala sekolah mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan pihak-pihak yang telah mendukung dan menyiapkan kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan baik, semoga kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi seluruh peserta dan sekolah.

Saree, 9 November 2018
Wakasek Humas dan Kerjasama
SMK-PP Negeri Saree
Khatmi Ilyas, S.Pd

Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian (SMK-PP) Negeri Saree ikut berpartisipasi dalam kegiatan Gebyar Pasar Tani yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Aceh di kawasan Jalan Panglima Nyak Makam, kawasan Lampineung, Banda Aceh, Rabu (7/11/18).

Pihak sekolah membawa dan menjual berbagai sayuran hasil praktek siswa seperti kol bunga, bawang merah, timun, sawi, telur ayam arab, dan minyak serai wangi. Stan SMK-PP Negeri Saree langsung dijaga dan dipasarkan oleh siswa siswi dibawah bimbingan Hadi Tri Rudianto selaku Instruktur Lapangan, kegiatan ini melatih mereka mempraktekkan ilmu pemasaran dan meningkatkan jiwa wirausaha sejak sekolah, dengan harapan ini menjadi bekal mereka ketika tamat dari SMK nantinya.

Dalam kesempatan ini, stan SMK-PP Negeri Saree sempat dikunjungi oleh ibu Darwati A. Gani selaku Ketua Tim Penggerak PKK dan Dekranas Aceh didampingi ibu Sekretaris Distanbun Aceh, Ir. Cut Huzaimah, MP. Ibu Darwati turut membeli beberapa jenis sayur yang dijual langsung oleh para siswa (i). Beliau sangat senang para siswa sudah mulai melakukan kegiatan wirausaha ini sebagai bekal dan pengalaman yang dibutuhkan ketika tamat sekolah nantinya.

Keikutsertaan dalam Kegiatan pasar tani ini menjadi program wajib dan rutin oleh SMK-PP Negeri Saree dalam rangka memasarkan berbagai hasil praktek siswa sehingga meningkatkan semangat siswa dalam praktek dan keberlanjutan program. Hasil penjualan ini dijadikan modal berputar dalam menjalankan praktek. Kegiatan pasar tani ini akan dilaksanakan kembali pada Rabu, 21 November 2018 mendatang.

Kepala SMK-PP Negeri Saree, Muhammad Amin, SP.,MP sangat berterima kasih kepada pihak Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh yang telah memberi kesempatan dan booth kepada pihak sekolah dalam kegiatan pasar tani ini. Ini merupaka kepercayaan yang mesti terus dilaksanakan dan ditingkatkan. Semoga kegiatan ini berjalan baik dan bermanfaat bagi masyarakat, Distanbun, sekolah, dan juga siswa.

 

Banda Aceh, 7 November 2018
Wakasek Humas dan Kerjasama
SMK-PP Negeri Saree
Khatmi Ilyas, S.Pd

Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian (SMK-PP) Negeri Saree melaksanakan Pelatihan Penulisan Materi Uji Kompetensi (MUK) pada 23 – 25 Oktober 2018 di Saree, (23/10/18).

Pelatihan ini diikuti oleh Pengurus Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP-P1), Pengurus Kompetensi Keahlian, dan para Guru Produktif dari SMK-PP Negeri Saree, SMK-PP Negeri Bireuen, dan SMK-PP Negeri Kutacane yang akan berlangsung selama 3 hari penuh. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan yang termasuk dalam program Revitalisasi SMK Pendukung ketahanan pangan yang diprogramkan oleh SMK-PP Negeri Saree yang termasuk program nasional Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (Dit-PSMK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI pada tahun 2018. Pelaksanaan pelatihan ini juga merupakan salah satu usaha SMK-PP Negeri Saree dalam memenuhi Standar Pendidikan Minimal (SPM) SMK seperti yang dicanangkan oleh Dinas Pendidikan Aceh, begitu disampaikan oleh Junaidi, SP.,MP selaku Kasubbag TU SMK-PP Negeri Saree saat sambutan pembukaan kegiatan ini mewakili Kepala sekolah, yang kebetulan dalam waktu yang sama sedang mengikuti Simposium kepsek Berprestasi Tingkat Nasional Indonesia – Australia di Bandung. Dengan harapan pada akhir pelatihan ini, SMK-PP Negeri Saree dapat memiliki Dokumen MUK yang baik dan benar sebagai salah satu syarat dikeluarkannya lisensi LSP-P1 oleh BNSP Pusat, begitu tambahnya.

Dalam kegiatan pelatihan penulisan Materi Uji Kompetensi (MUK) ini, para peserta dibimbing dan dilatih oleh Drs. H. Agus Wardjito, MM yang merupakan konsultan/fasilitator dari PT. Misyi Mitra Mandiri Jakarta. Para peserta akan diberikan materi umum dan khusus. Materi umum ; Identifikasi Kebijakan Revitalisasi SMK, Identifikasi kebijakan sistem Sertifikasi, Identifikasi Perengkat Assesmen 2018. Sedangkan pada materi khusus, peserta akan dilatih ; Penyusunan Perangkat Assesmen, Form APL 01 & 02 sesuai Skema, Form MMA, Uji Coba Perangkat Assesmen dan Evaluasi.

Semoga dibawah arahan dan bimbingan pak Agus, yang mana beliau sangat pengalaman dalam hal penyusunan dan pembuatan MUK ini, juga pernah menjabat sebagai Beliau juga pernah menjabat sebagai Kabag. Fasilitasi Kerjasama Kelembagaan Sertifikasi BNSP, sehingga dengan ilmu dan pengalaman beliau, pada akhir kegiatan ini diharapkan para peserta dapat menghasilkan dokumen lengkap Materi Uji Kompetensi (MUK) yang dapat digunakan oleh LSP-P1 nanti dalam pelaksanaan Uji Kompetensi Keahlian bagi siswa dan alumni SMK-PP Negeri Saree sehingga memiliki Sertifikat Kompetensi Keahlian yang dapat digunakan ketika melamar pekerjaan di dunia usaha dan dunia industri.

Pihak sekolah mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia, manajemen sekolah, para guru, Dinas Pendidikan Aceh, Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh, Dit-PSMK Kemdikbud, dan Instruktur yang telah mendukung dan berperan aktif dalam kegiatan ini sehingga dapat terlaksana dengan baik, begitu kata Hamdan, S.Pd.,M.Pd selaku ketua panitia.

Saree, 23 Oktober 2018

Wakasek Humas dan Kerjasama

SMK-PP Negeri Saree

Khatmi Ilyas, S.Pd

Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian ( SMK-PP ) Negeri Saree berhasil meraih Juara 1 Bidang Agronomi dalam Kegiatan Lomba Kegiatan Siswa (LKS) SMK Tingkat Propinsi Aceh tahun 2018. Juara 1 ini diraih oleh Hilda Aini Sifaq selaku siswa ATPH kelas XI setelah berhasil mengalah peserta dari 22 kabupaten lainnya. Hilda berhasil mengeluarkan kemampuan terbaik nya berdasarkan yang dipelajari selama ini sesuai bimbingan ibu Mutiawati, SP. Prestasi bidang Agronomini merupakan Juara 1 untuk ke 3 kali secara berturut-turut selama SMK-PP Negeri Saree mengikuti LKS yaitu 2016 di Lhoksukon, 2017 di Banda Aceh, dan 2018 di Banda Aceh. Semoga kedepan bisa terus dipertahankan dan ditingkatkan hingga dapat meraih prestasi di LKS tingkat Nasional, begitu harapan Muhammad Amin, SP.,MP selaku Kepala SMK-PP Negeri Saree. Pihak sekolah selalu dan terus meningkatkan kompetensi siswa dalam rangka menyukseskan revitalisasi SMK yang sedang dijalankan, begitu imbuhnya.

Selain meraih prestasi di bidang Agronomi, dalam LKS yang dilaksanakan sejak 2-6 Oktober 2018 ini, siswa SMK-PP Negeri Saree juga meraih Juara 3 dalam bidang Post Harvest Technology (Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian) atas nama Dharma Julian Bangun. Prestasi ini sedikit menurun dibanding tahun 2017 yaitu juara 2. Hasil ini membuat kami bersedih karena belum bisa meraih juara 1, namun kami bangga kepada anak didik kami yang telah berusaha dan berjuang dengan sekuat tenaga serta sebaik mungkin dalam lomba, semoga ini menjadi cambuk buat siswa dan kami untuk berbuat lebih baik lagi tahun depan, begitu kata Yuni Hasrita, S.TP selaku pembimbing.

Kegiatan LKS bidang Agronomi dan Post Harvest Technology ini dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Aceh di SMK Al-Mubarkeya Aceh Besar. Dimana panitia LKS dalam hal penilaian lomba mengundang Dosen Fakultas Pertanian selaku juri lokal dan P4TK Pertanian Cianjur selaku Juri Nasional, dalam hal ini diwakili oleh Ir. Atat Budiarta S,.MP dan Ir. Lily Mariana Salman, M.Si. ini semua dilakukan sesuai arahan Kadis Pendidikan Aceh dalam sambutan pembukaan LKS mengatakan LKS tahun ini harus menghasilkan juara yang sesuai nilai batas minimal sehingga diharapkan para juara dapat bersaing dalam LKS Tingkat Nasional tahun depan.

Para juara 1 dalam LKS Propinsi Aceh tahun 2018 ini akan mewakili Aceh untuk ikut dalam kegiatan LKS Tingkat Nasional Tahun 2019 yang akan dilaksanakan pada 7 - 13 Juli 2019 di Kota Yogyakarta. Oleh sebab, para juara 1 ini, termasuk Hilda Aini Sifaq tidak boleh larut dalam kegembiraan juara, namun harus mulai mempersiapkan diri untuk LKS tingkat nasional disamping mengikuti pembelajaran di kelas seperti biasa.

Banda Aceh, 6 Oktober 2018

Wakasek Humas dan Kerjasama

SMK-PP Negeri Saree

Khatmi Ilyas, S.Pd

juara lks 1juara lks 2

juara lks 4

Halaman 1 dari 7