SMK-PP Saree Dan ARC Lakukan Uji Kompetensi Keahlian

SAREE | Dalam memenuhi tuntutan kurikulum, Agribisnis Tanaman Perkebunan SMK-PPN Saree berkolaborasi dengan Atsiri Research Center (ARC) Universitas Syiah Kuala melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian bagi siswa kelas XII mulai tanggal 15 - 17 Maret 2022.


Dalam kegiatan tersebut tim ahli ARC USK Prof. Dr Ir. Rina Sriwati, M.Si yang juga merupakan Ketua Program Studi Doctor Ilmu Pertanian USK turut hadir sebagai salah satu penguji untuk muatan pembibitan dan penanaman Nilam.


Kepala SMK-PP Saree Muhammad Amin, SP., MP menyebutkan siswa yang diuji berjumlah 14 orang. Sementara Proses assessment terhadap 14 siswa Agribisnis Tanaman Perkebunan ini dimulai dari ujian tulis untuk penguasaan pengetahuan mengenai budidaya Nilam, yang dilanjutkan dengan ujian praktek di lapangan, bagaimana memilih, melakukan penyetekan, menyiapkan media tanam, pembibitan, perawatan bibit, hingga penanaman pada lahan kebun SMK-PPN Saree.


Pihaknya, kata Amin selama ini telah memiliki MoU yang ditanda tangani dengan Ketua ARC, Dr. Syaifullah Muhammad sejak 2020 dan aktif melakukan kolaborasi tidak hanya dalam peningkatan kompetensi siswa dan guru SMK-PPN Saree melalui pelatihan dan guru tamu namun juga pada program-program pengabdian masyarakat Desa binaan ARC USK untuk program Desa Wisata Inovasi Geunara, Genteut Aceh Besar.


Kehadiran Prof Dr Rina Sriwati dari ARC PUI PT Nilam dan sekaligus Ketua Prodi Doktor Ilmu Pertanian Pascasarjana USK yang juga selaku asesor menguji kopetensi siswa di bidang tanaman pertanian perkebunan.


Dalam arahannya Prof Rina menyampaikan faktor faktor penting yang menentukan keberhasilan pembibitan nilam. Selain itu juga penjelasan tentang pengetahuan hama dan penyakit serta teknik pembimbitan sunkop merupakan topik penting yang menjadi konsern dalam pengujian.

Selain Prof. Rina, kegiatan melibatkan penguji internal yang terdiri dari Azhar, SP selaku Ketua kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan, Rusdi, SP., MP Waka. Akademik dan Ernawati, SP Guru Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan.