smk bisa smk hebat

 

16 orang siswa kelas X Kompetensi Keahlian Agribisnis Tanaman Perkebunan (ATP) SMK-PP Negeri Saree melaksanakan kunjungan lapangan ke Pidie dan Bener Meriah pada 4-5 April 2018, (11/4//18).

Dibawah arahan pak Azhar, SP, selaku ketua Kompetensi Keahlian para siswa pertama sekali mengunjungi CV. ISH di Geulumpang minyeuk Pidie,disini para siswa diterima oleh H. Syafruddin. Tgk Haji begitu selalu dipanggil, menjelaskan dan menunjukkan proses penggilingan padi di kilang tersebut. Kilang ini memiliki alat dan sarana yang canggih seperti open yang yang dapat mengolah padi hingga 60 Ton sekali proses dan juga memiliki timbangan digital.

kemudian Kunjungan dilanjutkan ke Kebun Percobaan Gayo BPTP Pondok Gajah Bener Meriah, dalam kesempatan ini, siswa memperoleh materi tentang menentukan ciri-ciri benih/biji berbagai varietas kopi oleh bapak Ishar, SP. Beliau menjelaskan bagaimana Pemilihan bibit kopi terbaik  dan unggul adalah jalan terbaik untuk menentukan hasil dari biji kopi yang berkualitas. Ada beberapa varietas bibit unggul untuk arabika dengan kode S 795, USDA 762, dan Kartika. Sedangkan varietas bibit unggul untuk jenis robusta yang dipergunakan adalah klon seperti klon BP 358 dan klon BP 42.

Pemilihan bibit kopi terbaik  biasanya diperoleh dari hasil cangkok hingga mengeluarkan akar dan siap dipindah dalam polibeg dengan menunggu pertumbuhan tanaman untuk siap ditanam sekitar berumur 3 bulan atau sudah kuat untuk ditanam dan dipindah pada lahan. Untuk membuat bibit tanaman kopi biasanya menggunakan sistem perkembangbiakan vegetative dengan cangkok/stek, terang Ishar.

Disamping itu, pak ishar juga menjelaskan Tugas dan Fungsi dari Kebun Percobaan (KP) Gayo dan BPTP Pondok Gajah, yaitu sebagai ; Kebun sumber daya genetik kopi Arabika Gayo, Pusat Pengkajian dan Penelitian tentang kopi Arabika Gayo, Kebun kunjungan Agrowisata kopi Arabika Gayo dalam dan luar negeri, Tempat pembibitan dan sumber benih kopi Arabika Gayo, dan  Sebagai Taman Persahabatan kopi Dunia. Ini semua karena BPTP Pondok Gajah memang fokusnya pada Varietas Kopi.

Mendengar penjelasan yang cukup baik dan teratur, para siswa terlihat sangat antusias dan bersemangat, malah beberapa siswa sempat berceletuk bahwa setelah tamat nanti ingin menjadi petani kopi, selain bisa menghasilkan dari segi ekonomi juga turut serta melestarikan tanaman kopi asli gayo.

Setelah itu, rombongan bergerak ke salah satu Pabrik pengolahan kopi yaitu CV. Gayo Mandiri Coffee, ini disini para siswa dapat melihat proses penyemuran kopi, pemilihan kopi berdasar besar kecil dan kualitas kopi, dilanjutkan dengan kegiatan roasting dan penggilingan yang mana akhirnya menjadi serbuk kopi siap untuk dipacking dan dipasarkan. Azhar berharap kegiatan fieldtrip ini memberi dampak terhadap peningkatan motivasi belajar siswa dimana itu semua akan nampak ketika mereka tamat nanti menjadi modal terjun kedalam masyarakat, dengan harapan mereka bisa menjadi wirausahan muda pertanian. (kimi).

Kalender Pendidikan

Web Sekolah Indonesia designed by divisidatalitbang.net